Categories
Articles Indonesia News

5 Strategi untuk Meningkatkan Partisipasi dalam kelas Online

Ketika Anda menyelenggarakan kelas online, Anda akan menghadapi situasi yang kurang interaksi tatap muka, masalah teknis, dan ketidakpastian akan berbagai isu pandemi. Berikut ini adalah tips dari NUADU untuk mendorong partisipasi siswa selama kelas online.

Pengaplikasian Home-based learning mengalami peningkatan yang sangat drastis karena sebagian besar negara melakukan lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona. Jika sekolah Anda berencana untuk melakukan ini, baik dalam jangka panjang atau hanya sebagai langkah sementara, maka Anda sekarang perlu mencari cara agar dapat mengajar secara efektif dan melakukan berbagai pengaturan secara jarak jauh.

Mengajar secara online tidak cukup dengan hanya memiliki sumber daya yang tepat dan koneksi internet yang baik. Anda harus memimpin dan membantu para siswa untukmenyesuaikan diri dengan situasi saat ini, atau biasa disebut dengan ‘the new normal’. Bagaimanapun penyesuaian telah dilakukan, perlu dipahami bahwa pengajaran Online akan cukup kontras dengan lingkungan kelas yang Anda dan siswa Anda biasa jalani.

Ketika Anda melakukan kelas online, Anda perlu mempertimbangkan tantangan dan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada kelas virtual. Anda dan para siswa memiliki akses ke serangkaian sumber pembelajaran dan mode partisipasi yang sangat lengkap pada platform NUADU dan MS Teams. Pada saat yang sama, Anda tetap perlu menyesuaikan diri dengan kurangnya interaksi tatap muka, distraksi, masalah teknis, dan berbagai ketidakpastian akan isu pandemi.

Berita baiknya, kami membagikan tips-tips ini untuk mendorong partisipasi siswa selama kelas online.

1. Perjelas Tujuan Anda

Siswa cenderung akan lebih banyak berpartisipasi jika mereka memahami tujuan dari apa yang mereka lakukan. Mereka perlu tahu bahwa mereka akan belajar sesuatu yang bermanfaat dan relevan. Jadi, setiap kali Anda meminta mereka untuk melakukan suatu kegiatan atau mengajak mereka untuk masuk ke dalam diskusi, jelaskan tujuan Anda dan bagaimana kegiatan tersebut akan memberikan poin dan hasil penting dari proses pembelajaran.

2. Berikan Pedoman Pembelajaran Yang Jelas

Menetapkan pedoman dan ekspektasi yang jelas terkait komitmen, waktu, tugas, dan upaya dapat membantu siswa memahami struktur untuk proses pembelajaran mereka. Ini akan memberikan arah yang lebih konkret dalam memahami pelajaran dan ukuran yang lebih nyata terkait kemajuan siswa.

Sampaikan pedoman ini sebagai masukan, bukan aturan yang mengekang dan instan. Mintalah masukan kepada para siswa tentang apa yang tampak realistis dengan konteks masing-masing. Ketika Anda menyetujui pedoman tersebut, siswa lebih cenderung untuk mengikutinya karena mereka merasa bahwa kebutuhan dan kontribusi mereka dihargai. Ini adalah waktu yang luar biasa, jadi berikan sedikit fleksibilitas dan tidak serta-merta memberikan hukuman jika pedoman ini tidak diikuti dengan sempurna oleh siswa.

3. Ajukan Pertanyaan yang Menarik

Pertanyaan seperti apa yang mendorong partisipasi dalam kelas online? Tentu jenis pertanyaan yang membuat diskusi kelas menjadi hidup:

  • Open-Ended – Pertanyaan yang dijawab lebih dari sekedar Ya/Tidak, pertanyaan-pertanyaan ini akan menggerakkan siswa untuk menguraikan dan menjelaskan.
  • Menghasilkan pemikiran dan refleksi yang lebih tinggi – Pertanyaan yang bagus juga menggerakkan siswa untuk menganalisis, menilai, menggali lebih dalam, dan mengeksplorasi berbagai kemungkinan.
  • Mendorong siswa untuk menggunakan materi pelajaran untuk membangun jawaban mereka – Pertanyaan yang bagus dibangun berdasarkan konten materi pelajaran, hal ini akan memberikan siswa pandangan yang maju tentang materi tersebut karena setiap topik terhubung dengan apa yang telah dibahas sebelumnya.

4. Berikan Beragam Kegiatan

Kelas tidak harus selalu berupa sesi tanya jawab. Buatlah kegiatan seperti pemecahan masalah, studi kasus, dan lainnya. Tetapi pastikan kegiatan ini mencapai tujuan pembelajaran, bukan hanya sekedar menambah kegiatan/kesibukan.

5. Berikan Evaluasi yang Membangun

Ketika siswa Anda mengalami kemajuan yang signifikan di dalam kelas, berikan masing-masing dari mereka penialain yang akan membantu mereka memahami dan melihat di mana posisi mereka – apakah yang mereka lakukan baik, dan apa yang mereka butuhkan untuk menjadi lebih baik. Gunakan sistem penilaian NUADU untuk membantu Anda membuat penilaian yang tepat dan merekomendasikan latihan dan kegiatan untuk setiap siswa.

Tertarik dengan sistem home-based learning yang dapat Anda siapkan dalam sehari? Yuk dapatkan info lebih lanjut tentang Kelas Online NUADU, yang merupakan solusi pembelajaran jarak jauh dengan kemitraan bersama Microsoft!